Cara Mendapatkan Sertifikat Konsultan Pajak

BimbelUSKP.com, Jakarta – Bagaimana cara mendapatkan sertifikat konsultan pajak? Itu salah satu pertanyaan yang banyak kami temukan di mesin pencarian Google. Postingan ini akan kami coba bedah bagaimana caranya mendapatkan sertifikat konsultan pajak agar Anda bisa membuka praktik jasa konsultasi di bidang perpajakan secara resmi dan terdaftar.

Sebetulnya ini sudah kami kupas tuntas pada postingan sebelumnya yang berjudul “Mau Jadi Konsultan Pajak Profesional? Ini Syarat dan Ketentuannya“. Postingan ini akan membahas ulang apa yang sudah kami bedah hampir secara menyeluruh seputar USKP dan Konsultan Pajak di postingan sebelumnya tersebut.

Apa Itu Sertifikat Konsultan Pajak?

Sertifikat Konsultan Pajak adalah surat keterangan tingkat keahlian sebagai Konsultan Pajak (Pasal 1 angka 4 PMK-111/PMK.03/2014) dalam rangka memberikan layanan jasa konsultasi kepada wajib pajak. Sertifikat Konsultan Pajak juga merupakan salah satu pra-syarat untuk menjadi Konsultan Pajak resmi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) huruf g PMK-111/PMK.03/2014 terdiri atas:

Sertifikat Konsultan Pajak tingkat A, yaitu Sertifikat Konsultan Pajak yang menunjukkan tingkat keahlian untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali Wajib Pajak yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia;

Sertifikat Konsultan Pajak tingkat B, yaitu Sertifikat Konsultan Pajak yang menunjukkan tingkat keahlian untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi dan Wajib Pajak badan dalam  pelaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali kepada Wajib Pajak penanaman modal asing, Bentuk Usaha Tetap, dan Wajib Pajak yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia; dan

Sertifikat Konsultan Pajak tingkat C, yaitu Sertifikat Konsultan Pajak yang menunjukkan tingkat keahlian untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi dan Wajib Pajak badan Asing dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Konsultan Pajak?

Salah satu cara untuk mendapatkan Sertifikat Konsultan Pajak orang perseorangan harus lulus Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP), bagi siapa saja lulusan D3 jurusan perpajakan atau S1 jurusan apa saja.

Cara kedua adalah mengikuti kegiatan penyetaraan tingkat sertifikasi bagi pensiunan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Pasal 9 PMK-111/PMK.03/2014).

Jadi, siapa saja Anda yang bukan pegawai DJP juga bisa mendapatkan sertifikat konsultan pajak menggunakan cara pertama di atas. Ikuti sertifikasi konsultan pajak, penuhi persyaratannya, dan pastikan lulus ujian USKP dengan hasil terbaik!

Lantas Apa Itu Sertifikasi Konsultan Pajak?

Sertifikasi Konsultan Pajak adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk memperoleh Sertifikat Konsultan Pajak (Pasal 1 angka 5 PMK-111/PMK.03/2014).

Apa Itu USKP?

Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperoleh Sertifikat Konsultan Pajak. USKP dilaksanakan dan harus diikuti secara berjenjang dimulai dari USKP tingkat A untuk memperoleh Sertifikat Konsultan Pajak tingkat A, tingkat B untuk mendapatkan Sertifikat Konsultan Pajak tingkat B, dan tingkat C untuk mendapatkan Sertifikat Konsultan Pajak tingkat C (Pasal 9 dan Pasal 12 PMK-111/PMK.03/2014).

Selanjutnya silahkan baca di postingan kami sebelumnya yang berjudul di sini.

Lihat juga program pelatihan dan bimbel USKP di sini.

Satu pemikiran pada “Cara Mendapatkan Sertifikat Konsultan Pajak”

Tinggalkan komentar