Apa itu USKP?

Apa itu USKP?

USKP adalah singkatan dari Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak merupakan kegiatan ujian untuk mendapatkan sertifikat jenjang profesi konsultan pajak yang diselenggarakan oleh KP3SKP dari IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia). USKP menjadi pra-syarat untuk mendapat ijin praktek jasa konsultasi di bidang perpajakan.

Terdapat 3 tingkat sertifkat yang diujikan dalam USKP ini, diantaranya sertifkat A untuk jenjang profesi konsultan pajak WP Pribadi, yang kedua adalah sertifkat B untuk menjadi konsultan pajak WP Badan, dan terakhir adalah sertifkat C untuk menjadi konsultan pajak internasional.

Untuk dapat mengikuti USKP, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Silahkan lihat persyaratan USKP pada postingan kami sebelumnya. Untuk mengikutinya pula harus bertahap yakni mulai dari USKP A, kemudian USKP B, dan kemudian USKP C. Anda harus lulus USKP A sebelum bisa mengikuti USKP B, begitu juga untuk dapat mengikuti USKP C Anda terlebih dahulu harus sudah lulus USKP A dan USKP B karena sertifikat A harus dilampirkan saat akan mengikuti USKP B, dan sertifkat B harus dilampirkan saat akan mengikuti USKP C.

 

Untuk Siapa USKP?

USKP biasanya tidak hanya diikuti oleh orang pajak, banyak dari mereka yang ingin mempercantik CV mereka dengan memiliki sertifikat konsultan pajak ini, yang artinya menjadi konsultan pajak terdaftar yang berhak membuka praktek jasa konsultasi perpajakan sesuai tingkat sertifikat yang dimilikinya. Biasanya mereka yang bukan non-pajak adalah mereka para lulusan di bidang akuntansi.

Selengkapnya silahkan baca postingan tentang Syarat Mengikuti USKP di sini.

 

Apa Itu Sertifikat Konsultan Pajak?

Sertifikat Konsultan Pajak adalah surat keterangan tingkat keahlian sebagai Konsultan Pajak. (Pasal 1 angka 4 PMK-111/PMK.03/2014). Terdapat 3 tingkat pada Sertifkat Konsultan Pajak, diantaranya sertifkat A untuk jenjang profesi konsultan pajak WP Pribadi, yang kedua adalah sertifkat B untuk menjadi konsultan pajak WP Badan, dan yang ketiga adalah sertifkat C untuk menjadi konsultan pajak internasional.

 

Apa Saja Materi yang Diujikan Dalam USKP?

Materi dan soal-soal USKP ditentukan oleh Komite Pelaksana Panitia Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Pajak (KP3SKP), berikut diantaranya.

Mata Ujian Untuk USKP A

A : PBB, BPHTB, BM
B : KUP, PPSP, PP
C : PPh OP dan SPT PPh OP
D : PPh Pot/Put (Pasal 15,21,22,23/26 dsb)
E : PPN dan SPT PPN
F : Kode Etik Profesi

Mata Ujian Untuk USKP B

A : Akuntansi Perpajakan
B : KUP, PPSP, PP
C : PPh Badan & SPT PPh Badan
D : PPh Pot/Put (Pasal 15,21,22,23/26 dsb)
E : PPN dan SPT PPN

Mata Ujian Untuk USKP C

A : Akuntansi Perpajakan
B : Pajak Internasional
C : PPh Badan & SPT PPh Badan
D : PPh Pot/Put (Pasal 15,21,22,23/26 dsb)

 

Berapa Hari Ujian USKP Berlangsung Untuk Masing-masing Tingkat?

Berikut kami ambil langsung dari KP3SKP IKPI untuk jadwal USKP 2018 Periode 2 bulan Juli mendatang.

MATA UJIAN DAN JADWAL USKP JULI 2018 PERIODE 2

Anda akan Mengikuti USKP?

Sudah persiapan agar lulus dengan hasil memuaskan?

Cek program pelatihan bimbingan belajar USKP dari kami di sini.

Ikuti juga kami di Twitter untuk mendapat update seputar USKP lainnya.

 

Tinggalkan komentar