Ebook Kumpulan Soal-Soal USKP Tingkat A/B/C dan Jawabannya

BimbelUSKP.com – Biaya untuk mengikuti ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP) akan sangat mahal terutama jika Anda tidak lulus-lulus. Setiap mengulang, Anda akan dikenakan biaya per mata ujian, sehingga jika banyak mata ujian yang gagal Anda harus mengulangnya dan artinya Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapat sertifikat kelulusan.

Tentu akan lebih baik jika Anda langsung lulus dibanding mengulang, lebih hemat biaya, juga waktu tentunya. Jika Anda mencari buku yang mengulas soal-soal USKP yang isinya bukan hanya sekedar mengulas tapi juga membantu Anda menguasai pola soal USKP sebelumnya, maka buku-buku USKP Review yang diterbitkan oleh PT Pratama Indomitra Konsultan wajib Anda miliki.


Anda bisa mendapatkan buku USKP Review ini secara gratis apabila mengikuti program bimbingan persiapan USKP dari kami. Silahkan cek jadwal kelas bimbingan terdekat atau mendaftar di sini sekarang.


Pahami & Kuasai Pola Soal-soal USKP Sebelumnya

Kabar baiknya saat ini terdapat buku versi digital yang di-bundle menjadi 1 file ebook yang bisa Anda miliki untuk memelajari dan menguasai pola soal-soal USKP. Dilengkapi dengan buku yang berjudul “Buku Pintar Pajak” yang merupakan pelangkap untuk menaklukan soal-soal USKP atau sekedar mendalami bidang perpajakan dan dunia konsultan pajak.

Buku Soal USKP Lengkap

 


Tertarik untuk memiliki ebook? Silahkan kunjungi pratamaindomitra.id


Total halaman untuk 4 buku ini adalah 1.720 halaman. Buku USKP Review Vol A: X + 307 halaman, Buku USKP Review Vol B XI + 343 halaman, Buku USKP Review Vol C: X + 265 halaman, dan terakhir buku “BUKU PINTAR PAJAK”: XXXIV + 805 halaman.

Buku Soal USKP Vol ABuku USKP Review Vol A – Edisi 3

Buku USKP Review volume A cetakan ketiga ini berisi sekilas pandang konsultan pajak, soal, dan jawaban USKP tingkat A. Merupakan seri buku USKP Review yang terdiri atas volume A, B, dan C yang disusun sebagai pelengkap buku yang berjudul “Buku Pintar Pajak” yang telah terbit lebih awal sebelumnya.

Buku USKP Review Volume A menjadi teman setia bagi mereka yang mencoba menapaki belantara dunia konsultan pajak melalui Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) tingkat A yang setiap tahunnya terus berlangsung.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014 tanggal 9 Juni 2014 dan Peraturan Dirjen Pajak No. Per-13/PJ/2015 tanggal 10 Maret 2015. Kedua ketentuan tersebut menjadi rujukan bagi para konsultan pajak yang berpraktik menangani klien-klien mereka. Di dalamnya juga diatur detil permasalahan USKP. Jadi, dalam setahun direncanakan akan ada dua kali penyelenggaraan USKP. Untuk periode pertama di 2017 sejak “PMK triple one” (sebutan lain dari Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014) tersebut keluar, USKP telah diselenggarakan pada tanggal 14-15 Januari 2017 setelah sebelumnya ada moratorium selama hampir dua tahun. Hingga terbitnya buku USKP Review – Volume A edisi ketiga ini, telah diselenggarakan empat periode USKP yaitu 14-15 Januari 2017, 5-6 Agustus 2017, 13-14 Januari 2018, dan 28-29 Juli 2018.

Buku USKP Review ini hadir sebagai bentuk kontribusi tim penyusun kepada masyarakat untuk membantu para peserta USKP agar mereka dapat melewati “ujian hidup” secara efektif dan efisien. Kata “efektif” berarti bahwa para peserta USKP dapat menggapai ekspektasi yang telah dicanangkan, sedangkan kata “efisien” berarti bahwa para peserta USKP dapat menghemat sumber daya yang dimiliki sehingga tidak terjadi pemborosan. Sumber daya tersebut dapat meliputi waktu, biaya, tenaga, dan/atau pikiran. Buku USKP Review juga menjadi wujud dari moto tim penyusun, yaitu “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi sesamanya”. Moto tersebut berasal dari suri teladan semua manusia yang menjadi insan paling sempurna di muka bumi ini (Nabi Muhammad SAW).

Bukan Sekedar Soal dan Jawaban USKP Sebelumnya

Sesuai dengan judul buku, isi buku USKP Review adalah untuk mengulas (me-review) soal-soal yang pernah diujikan pada USKP periode sebelumnya. Ulasan tidak hanya sekedar berupa jawaban atas pertanyaan pilihan ganda, soal esai, maupun studi kasus/pengisian SPT. Akan tetapi, di dalamnya juga diuraikan penjelasan yang komprehensif sehingga memperluas wawasan pengetahuan para peserta USKP dan para konsultan pajak yang tengah meng-upgrade kompetensi mereka. Para konsultan pajak yang sudah memperoleh sertifikasi tingkat C juga masih tetap dapat memanfaatkan isi buku USKP Review ini untuk menambah pengetahuan perpajakannya.

Ada empat bab yang diuraikan dalam buku USKP Review. Bab pertama tentang pendahuluan mengulas Pengertian Konsultan Pajak, Ruang Lingkup Kerja Konsultan Pajak, Persyaratan Konsultan Pajak di Indonesia, Ujian atau Penyetaraan Tingkat Sertifikasi Konsultan Pajak, Hak dan Kewajiban Konsultan Pajak, Penyelenggaraan Sertifikasi Konsultan Pajak, Komposisi Soal USKP, Bagaimana Menggunakan Buku Ini. Bab dua berisi soal USKP Tingkat A untuk periode Juni dan September 2014 dan  mengupas jawaban beserta penjelasan yang terkait dengan jawaban tersebut. Jika ada peraturan yang berbeda untuk tahun yang dirujuk di dalam soal dengan peraturan pajak di tahun pajak 2016, penjelasan akan menyertakan uraian tambahan tentang hal tersebut.

Pola pembahasan yang sama berlaku juga untuk bab tiga dan bab keempat. Bab tiga untuk soal jawab USKP Tingkat B periode Juni dan September 2014. Bab empat untuk soal jawab USKP Tingkat C periode Juni dan September 2014 juga. Khusus untuk materi pajak internasional, pada saat buku ini disusun, tidak diperoleh salinan soal USKP Tingkat C periode Juni 2014. Sebagai gantinya, diulas soal USKP periode November 2013.

Soal-soal USKP kadang kala memiliki kemiripan rujukan peraturan. Untuk itu, penjelasan untuk soal-soal tersebut dibuat saling berhubungan sehingga pembaca dapat memahami pola soal dan jawaban soal tersebut. Selain itu, penjelasan yang dibuat juga dapat saling melengkapi. Khusus cetakan/edisi ketiga dari buku USKP Review volume A ini, peraturan terkait pembahasan soal telah di-update dengan merujuk pada peraturan perpajakan yang berlaku pada tahun 2018.

Untuk membantu pembaca, penjelasan yang dibuat mengiringi jawaban diperkaya juga dengan tabel dan/atau gambar. Tujuannya adalah agar para pembaca tidak merasa jenuh dengan isi buku ini. Selain itu, banyak tabel berisi rangkuman peraturan. Rangkuman tersebut membantu pembaca yang kadangkala menemui kesulitan ketika langsung membaca peraturan pajak secara utuh.


Buku Soal USKP BBuku USKP Review Vol B – Edisi 2

Buku volume B berisi sekilas tentang bagaimana para konsultan yang sudah memiliki Izin Konsultan Pajak A ini dapat membangun Trust Based Consulting Firm dan juga berisi soal jawab USKP Tingkat B.

Pratama Indomitra menerbitkan tiga buku USKP Review (volume A, B & C), buku-buku tersebut disusun guna melengkapi buku “Buku Pintar Pajak – Edisi 2” yang telah hadir sebelumnya. Buku USKP Review juga melengkapi buku “Modul Kursus Sertifikasi Konsultan Pajak – Edisi 2017” yang telah hadir sebelumnya. Buku USKP Review B ini disusun untuk menjadi teman setia bagi mereka yang mencoba menapaki belantara dunia konsultan pajak melalui Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) B.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014 tanggal 9 Juni 2014 dan Peraturan Dirjen Pajak No. Per13/PJ/2015 tanggal 10 Maret 2015. Kedua ketentuan tersebut menjadi rujukan bagi para konsultan pajak yang berpraktik menangani klien-klien mereka. Di dalamnya juga diatur detil permasalahan USKP. Jadi, dalam setahun direncanakan akan ada dua kali penyelenggaraan USKP. Untuk periode pertama di 2017 sejak “PMK triple one” (sebutan lain dari Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014) tersebut keluar, USKP telah diselenggarakan pada tanggal 14-15 Januari 2017 setelah sebelumnya ada moratorium selama hampir dua tahun. Hingga terbitnya buku USKP Review -Volume B edisi kedua ini, telah diselenggarakan empat periode USKP yaitu 14-15 Januari 2017, 5-6 Agustus 2017, 13-14 Januari 2018, dan 28-29 Juli 2018.

Buku USKP Review ini hadir sebagai bentuk kontribusi tim penyusun kepada masyarakat untuk membantu para peserta USKP agar mereka dapat melewati “ujian hidup” secara efektif dan efisien. Kata “efektif” berarti bahwa para peserta USKP dapat menggapai ekspektasi yang telah dicanangkan, sedangkan kata “efisien” berarti bahwa para peserta USKP dapat menghemat sumber daya yang dimiliki sehingga tidak terjadi pemborosan. Sumber daya tersebut dapat meliputi waktu, biaya, tenaga, dan/atau pikiran.

Buku USKP Review juga menjadi wujud dari motto tim penyusun, yaitu “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi sesamanya”.

Sesuai dengan judul buku, isi buku USKP Review adalah untuk mengulas (mereview) soal-soal yang pernah diujikan pada USKP periode sebelumnya. Ulasan tidak hanya sekedar berupa jawaban atas pertanyaan pilihan ganda, soal essay, maupun studi kasus/pengisian SPT. Akan tetapi, di dalamnya juga diuraikan penjelasan yang komprehensif sehingga memperluas wawasan dan pengetahuan para peserta USKP dan para konsultan pajak yang tengah meng-upgrade kompetensi mereka. Para konsultan pajak yang sudah memperoleh sertifikasi tingkat C juga masih tetap dapat memanfaatkan isi buku USKP Review ini untuk menambah pengetahuan perpajakannya

Sebelumnya, ada empat bab yang diuraikan dalam buku USKP Review. Dua bab diuraikan di dalam buku USKP Review – Volume A; satu bab di buku USKP Review – Volume B; dan satu bab di USKP Review – Volume C. Untuk buku USKP Review – Volume B ini, ada penambahan satu bab sehingga judulnya diubah menjadi USKP Review – Volume B (Edisi 2). Penambahan edisi 2 tersebut berkaitan dengan perubahan dan penambahan bab tersebut. Bab pertama tentang Trust Based Consulting Firm.

Yang Akan Anda Pelajari Pada Bab “Trust Based Consulting Firm”

  • Mengulas definisi trust,
  • Perspektif ilmu ekonomi mengenai trust,
  • Bagaimana membangun trust,
  • Alasan orang butuh konsultan,
  • Faktor untuk menentukan konsultan,
  • Piramida janji konsultan,
  • Model hubungan konsultan dan klien,
  • Penghargaan/remunerasi untuk konsultan, dan
  • Hirarki tujuan konsultan.

Bab ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada konsultan yang sudah lulus USKP Tingkat A tentang bagaimana membangun konsultan pajak berbasis kepercayaan klien.


Buku Soal USKP CBuku USKP Review 2017 Vol C

Sesuai dengan judul buku, isi USKP Review 2017 C adalah untuk mengulas (mereview) soal-soal yang pernah diujikan pada USKP tingkat C periode sebelumnya. Ulasan tidak hanya sekedar berupa jawaban atas pertanyaan pilihan ganda, soal essay, maupun studi kasus/pengisian SPT. Akan tetapi, di dalamnya juga diuraikan penjelasan yang komprehensif sehingga memperluas wawasan dan pengetahuan para peserta USKP dan para konsultan pajak yang tengah meng-upgrade kompetensi mereka. Para konsultan pajak yang sudah memperoleh sertifikasi tingkat C juga masih tetap dapat memanfaatkan isi buku USKP Review 2017 ini untuk menambah pengetahuan perpajakannya.

Soal-soal USKP kadang kala memiliki kemiripan rujukan peraturan. Untuk itu, penjelasan untuk soal-soal tersebut dibuat saling berhubungan sehingga pembaca dapat memahami pola soal dan jawaban soal tersebut. Selain itu, penjelasan yang dibuat juga dapat saling melengkapi.

Untuk membantu pembaca, penjelasan yang dibuat mengiringi jawaban diperkaya juga dengan tabel dan/atau gambar. Tujuannya adalah agar para pembaca tidak merasa jenuh dengan isi buku ini. Selain itu, banyak tabel berisi rangkuman peraturan. Rangkuman tersebut membantu pembaca yang kadangkala menemui kesulitan ketika langsung membaca peraturan pajak secara utuh.


Buku Pintar Pajak Edisi 2Buku Pintar Pajak – Edisi 2

Buku setebal 805 halaman lebih ini merupakan buku ke-sebelas penulis, menghampiri para pembaca yang memiliki ketertarikan di bidang perpajakan. Secara khusus, buku ini menemani para pembaca yang sedang menggeluti pelatihan perpajakan di beberapa lembaga pelatihan yang menjadikan buku ini sebagai panduan utama. Selain itu, buku ini juga diharapkan dapat membantu para calon konsultan pajak dan konsultan pajak yang mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi USKP (Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak).

Sebagaimana diketahui, USKP mulai digulirkan kembali pada Januari 2017 sesuai dengan ketentuan di dalam Peraturan Menkeu tentang Konsultan Pajak (Peraturan Menkeu No. 111/PMK.03/2014) dan peraturan pelaksanaannya (Peraturan Dirjen Pajak No. Per-13/PJ/2015). USKP terdiri dari tiga tingkatan: Tingkat A, Tingkat B, dan Tingkat C. Seiring dengan USKP tersebut, buku ini juga telah dilengkapi dengan materi-materi yang pernah diujikan di USKP periode sebelumnya. Jadi, buku ini dapat menjadi komplementer dengan buku penulis lainnya, yaitu: buku USKP Review – Volume A yang sudah terbit sebelumnya, buku USKP Review – Volume B, dan buku USKP Review – Volume C, yang juga telah terbit.

Pemutakhiran isi buku juga mencakup peraturan-peraturan yang terbit setelah buku edisi perdana. Tujuan pemutakhiran tersebut adalah agar buku ini tetap bisa menjadi referensi termutakhir bagi para pembaca, baik mahasiswa, pengajar, konsultan pajak, pegawai perusahaan, para profesional, pemilik perusahaan, dan masyarakat umum. Penambahan teori dan konsep di dalam edisi 2 inheren dengan uraian penjelasan suatu peraturan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami konsep dan teori yang melatarbelakangi penerbitan suatu peraturan oleh otoritas pajak di Indonesia.

Pemutakhiran isi buku yang paling signifikan terjadi pada penambahan dua bab di bab dua dan bab lima. Judul di bab dua diubah dari judul di edisi satu tentang Seputar Dunia Pajak menjadi Sejarah Perpajakan di edisi kedua. Sebagai konsekuensinya, isi bab tersebut juga mengalami modifikasi subjudul. Subjudul pengertian pajak, mengapa harus ada pajak, dan tujuan dan fungsi pajak yang tadinya ada di bab dua digabungkan ke bab tiga tentang Pengantar Hukum Pajak. Pasalnya, subjudul tersebut tidak akan dapat dipisahkan dari hukum pajak yang berlaku di suatu negara dan mendasari otoritas negara tersebut untuk mengumpulkan penerimaan negara. Sementara itu, subjudul Karir di Bidang Pajak ditiadakan pada edisi dua karena uraiannya tidak terlalu relevan dengan judul Buku Pintar Pajak.

Judul bab dua pada edisi dua tentang Sejarah Perpajakan memberikan penekanan kepada pembaca terkait mengapa harus belajar sejarah pajak. Di dalamnya diuraikan penjelasan tambahan tentang perkembangan pajak berdasarkan empat periode dan klasifikasi pajak menurut para ahli, OECD, dan hukum positif. Subjudul hubungan pajak dan kematian masih tetap di bab dua karena perkembangan pajak tidak akan lepas dari dua kata tersebut. Mati itu sebuah kepastian, begitu pula pajak.

Penambahan bab baru berikutnya ada di bab lima tentang PPh Umum. Bab ini menjadi dasar pembahasan pada bab-bab berikutnya tentang PPh Pemotongan/Pemungutan, PPh Orang Pribadi, dan PPh Badan. Penambahan konsep- konsep dasar tentang PPh diperdalam agar pembaca dapat memahami dasar pemikiran mengapa suatu kebijakan pajak dalam bentuk hukum positif itu muncul.

Untuk keperluan persiapan USKP, seperti halnya edisi pertama, buku buku edisi kedua ini tidak membedakan secara khusus materi pajak untuk USKP tingkat A dan USKP tingkat B. Untuk itu, pembaca perlu menyesuaikan diri terhadap materi yang akan diujikan di USKP tersebut.

Pengayaan tabel dan/atau gambar di setiap bab tetap menjadi ciri khas dari buku- buku yang terbit. Rangkuman peraturan untuk membantu pembaca juga tetap dipertahankan. Di setiap jenis pajak, khususnya PPh dan PPN, tetap disertakan juga contoh formulir SPT terkait.

 


Tertarik untuk memiliki ebook? Silahkan kunjungi pratamaindomitra.id atau dapatkan gratis dengan mengikuti program bimbingan persiapan ujian sertifikasi konsultan pajak dari kami. Silahkan lihat jadwal dan mendaftar di sini.


Tinggalkan komentar